Pusatnya Berbagai Tips dan Informasi Seputar Dunia Teknologi

Monday 22 June 2015

Bahaya Tidur Malam Dengan Gadget Menyala

Saat ini pengguaan gadget di dunia sangatlah meningat drastis. Apalagi produsen gadget yang saat terus gencar meningkatkan kualitas dan fitur pada gadget yang mereka buat semakin menambah angka pengguna gadget. Sebenarnya penggunaan gadget yang benar bisa sangat membantu kehidupan manusia tetapi  jika menggunakannya secara berlebihan, akan berdampak buruk bagi penggunanya, terutama untuk kesehatan

Saat ini, banyak sekali kasus dimana orang tidur dengan ponsel saat masih diisi daya dan ponsel tersebut meledak hingga menyebkan penggunanya luka parah sampai meninggal dunia. Seharusnya kasus kasus seperti ini tidak terjadi jika seseorang bisa mengguakan ponsel ini dengan benar.

Tetapi, kasus-kasus seperti ini tidak memuat para pengguna ponsel lebih berhati-hati dan cenderung tak menghiraukan. Padahal tanpa mereka sadari mengguakan ponsel saat tidur dapat berdampak buruk untuk kesehatan tanpa mereka sadari. Tahukah anda apa bahaya yang bisa ditimbulkan ponsel/gadget yang masih digunakan saat anda tidur lelap?

( Baja juga: Fitur Harapan Pada Android M )



Bahaya Tidur Dengan Gadget Menyala 


Menurut survey National Sleep Foundation memunculkan data bahwa masih banyak orang yang menggunakan gadget satu jam sebelum mereka tertidur. Survey tersebut juga menunjukkan bahwa sebagian besar orang didunia memiliki setidaknya satu gadget pada tempat tidurnya entah itu orang dewasa ataupun anak-anak. Gadget tersebut bisa berupa Pemutar musik, telepon genggam/smarthphone ataupun televisi.

Gadget yang paling banyak digunakan orang saat tertidur adalah smarthphone, ponsel pintar ini memang menjadi gadget yang paling populer abad ini. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan dengannya. Hal inilah yang menyebabkan banyanya orang yang masih menggunakan smarthphone walaupun waktu tidur sudah tiba.

Gadget bisa menggangu kualitas tidur seseorang dengan berbagai cara, salah satunya adalah perangkat ini menguluarkan suara dan cahaya yang dapat menggangu siklus tidur dan mengubah kadar hormon tidur. Cahaya dari perangkat elektronik seperti laptop ataupun ponsel juga dapat membuat tubuh berfikir bahwa hari sudah siang dan menyebabkan tubuh berhenti memproduksi hormon melatonin.

Ada juga sebuah studi yang membuktikan bahwa menggunakan gadget sebelum tidur juga berpotensi membuat penggunanya mengalami susah tidur atau insomnia. Bahaya yang bisa timbul dari gadget khususnya ponsel adalah erangkat in akan terus berkomunikasi dengan menara ( tower ) seluler dengan memancarkan radiasi walaupun radiasinya tidak besar.

Walaupun radiasi yang dipancarkan oleh ponsel ini rendah, tetapi ada sebuah studi yang menyebutkan bahwa bila tubuh terkena radiasi selama 3 jam, akan membuat anda susah tidur dan bahkan akan sering terbangun d tangah malam. Radiasi ini juga sangat fatal jika terkena otak anda.



Solusi:

Solusi bagi anda seorang gadget mania adalah, hindarkanlah tempat tidur anda dari berbagai macam gadget. Gunakanlah gadget saat anda dalam keadaan terjaga saja, jika anda sudah merasa mengantuk segera jauhkan/matikan gadget tersebut dan tidurlah dengan nyenyak. Jika anda sering mengaktifkan alarm pada ponsel anda, cobalah beralih pada jam alarm konvensional. Ingat! Mencegah lebih baik daripada mengobati.
Baca Ini Juga:

* Cara Membuat Blog/ Web Menjadi Aplikasi Android .Apk
* Peran Penting Media Sosial Untuk Sebuah Blog

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bahaya Tidur Malam Dengan Gadget Menyala

1 komentar:

  1. bahaya memangm jadi haus hat hati juga saat meletakkannhya,, diletakkan ditempat yang aman...
    http://www.mmionline.net/produk-kategori/sparepart-hp/lcd/

    ReplyDelete