Pusatnya Berbagai Tips dan Informasi Seputar Dunia Teknologi

Tuesday 2 June 2015

Peran Penting Media Sosial Untuk Sebuah Blog

Sobat tahu apa itu Facebook, Twitter, Path ataupun Instagram? saya sangat yakin 100% kalau sobat semua sudah tahu nama - nama media sosial yang saya sebutkan di atas. Semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat media sosial menjadi bagian pokok dari kehidupan dari kita. Jika kita tidak membuka media sosial satu hari saja mungkin ada yang merasa kurang update, cemas, gelisah seperti ada yang kurang. Saat ini saja negara Indonesia dinobatkan menjadi salah satu negara dengan pemilik akun Facebook terbanyak. Tidak hanya Facebook, Instagram, Twitter ataupun Path juga menjadi media social yang sangat digemari orang Indonesia. Hal ini sudah lebih dari cukup membuktikan bahwa orang Indonesia banyak yang lebih aktif di dunia maya dibandingkan dengan dunia nyata.


Peran Penting Media Sosial Untuk Sebuah Blog



Media sosial ini tentu terdapat dampak negatif dan dampak positif bagi para penggunanya, tetapi dalam penggunaan yang wajar, sebenarnya media sosial ini lebih mendatangkan dampak positif seperti membuat kita bisa selalu berinteraksi dengan teman yang terbatas jarak, lebih mudah untuk mendapatkan informasi terbaru, bahkan kita juga bisa menjadikan media sosial sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu. Karena semakin berkembangnya media sosial saat ini, semakin membuat orang-orang untuk berlomba-lomba membuat media sosial baru sehingga saat ini banyak sekali situs media sosial yang bermunculan. Media sosial yang baru muncul ini juga mendapatkan sambutan yang baik dari masarakat, tetapi tidak sedikit pula media sosial baru ini kalah tenar dengan media sosial yang sudah ada sebelumnya.

Untuk seorang blogger, media sosial ini memiliki peran penting untuk blog yang mereka kelola. Apa sih peran media sosial ini untuk sebuah blog? Berikut ulasannya.

1. Media Promosi Blog

Semakin banyaknya orang yang sudah memiliki akun media sosial saat ini,  semakin besar kesempatan para blogger untuk menarik mereka untuk berkunjung ke blog yang sobat kelola dengan cara mempromosikannya. Media sosial yang efektif saat ini untuk mempromosikan sebuah blog adalah Facebook, Twitter Path maupun Instagram karena 4 media sosial tersebut memiliki pengguna yang lebih banyak dibandingkan dengan media sosial lainnya. Untuk mempromosikan blog di mesia sosial inipun sangatlah mudah, sobat bisa meletakkan link blog sobat di dalam profil sobat, menyisipkan link blog pada setiap aktivitas di media sosial ataupun mempromosikan pada komunitas blogger yang ada di media sosial.  Mempromosikan blog di media sosial ini sudah terbukti efektif untuk medatangkan pengunjung dari media sosial. Tetapi untuk menjaga kenyamanan teman sobat di media sosial, sebaikknya sobat tidak terlalu sering untuk berpromosi. Terlalu sering berpromosi juga bisa dianggap spam oleh pihak pengelola media sosial.

2. Membuat Blog Mudah Di Temukan Pada Mesin Pencari

Semakin banyak orang yang datang di blog sobat dari media sosial ini, semakin membuat blog sobat lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Terlebih lagi jika sobat medapatkan pengunjung dari media sosial yang memiliki pagerank tinggi seperti facebook ataupun twitter, hal tersebut semakin memperbesar kesempatan blog sobat untuk muncul ke permukaan. Saat sobat meletakkan link blog di media sosial, percaya atau tidak secara tidak langsung, sobat sudah mendapatkan backlink dengan pagerank tinggi dari sosial media. Seperti yang kita ketahui, kalau mesin pencari terutama Googel sangat suka dengan blog yang memiliki banyak backlink apalagi backlink tersebut berkualitas, tentu Google akan semakin melirik blog sobat dan menempatkannya pada posisi teratas.

3. Menambah Peminat Blog / Fans

Sosial media juga bisa sobat manfaatkan untuk memikat hati para pengguna sosial media untuk menjadi pengunjung setia blog sobat. Hal ini bisa sobat mulai dengan membuatkan akun atau halaman sosial media khusus untuk blog sobat. Setelah itu, sobat undang mereka untuk memfollow / Like akun blog yang sobat buat tadi, tuliskan juga semua kelebihan blog di dalamnya. Sambil menunggu followers / penyuka akun sosial media blog kita, bagikanlah artikel -artikel terbaik yang ada di blog sobat ke dalam akun sosial media blog. Jika sobat rutin melakukan hal ini, otomatis folowers / penyuka akun blog sobat akan semakin banyak dan bukan tidak mungkin mereka akan berlangganan artikel blog yang sobat kelola.

4. Membuat Blog Menjadi Terkenal

Dengan rajin melakukan promosi, membuatkan akun sosial media khusus untuk blog, bertambahnya peminat blog / fans. Akan sangat mungkin membuat blog sobat semakin dikenal banyak orang. Jika blog yang sobat kelola sudah terkenal, hal yang harus sobat lakukan adalah terus konisten memberikan yang terbaik untuk para pengunjung atau kalau bisa berikan yang lebih baik lagi. Dengan memberikan hal yang terbaik, pasti sobat akan mendapatkan yang lebih baik juga.

NOTE!
Walaupun media sosial ini sangatlah efektif untuk memperbaiki trafik blog, sobat juga harus hati-hati menempatkan link / url blog sobat. Pintar - pintarlah memilih tempat yang sesuai untuk berpromosi, media sosial ini bisa dikatakan miniatur dari dunia nyata, didalamnya terdapat orang yang baik, tetapi tentu tidak sedikit pula yang jahat. Blog sobat bisa saja menjadi salah satu korban kejahilan mereka seperti di beri pengunjung robot yang sangat tidak baaik untuk blog ataupun jika blog sobat terdapat iklan, akan di boom klik oleh mereka, dan jika itu terjadi, otomatis iklan sobat akan di banned karena klik tidak valid. Saran saya, jika sobat ingin mempromosikan blog sobat, carilah tempat yang tepat, seperti berteman dengan penyuka blog juga, di grup - grup blogger ataupun kepada teman-teman sobat yang sudah di percaya.
Itulah sedikit ulasan tentang Peran Penting Media Sosial Untuk Sebuah Blog, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat blogger. Bagikan juga artikel ini kepada teman sobat di sosial media dengan cara klik tombol share di bawah artikel ini. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peran Penting Media Sosial Untuk Sebuah Blog

1 komentar: