Pusatnya Berbagai Tips dan Informasi Seputar Dunia Teknologi

Friday 4 March 2016

Mengenal Mesin Pencari Kiddle Serta Keunggulan dan Kekurangannya

Mesin pencari sendiri memiliki peranan penting dalam perkembangan dunia teknologi, tanpa ditemukan mesin pencari, maka mungkin saat ini jika kita ingin mencari infomasi masih menggunakan buku, ini sangatlah tidak efektif dan memakan waktu. 

Saat ini sudah ditemukan mesin pencari yang akan mempermudah anda, Namun, dengan kemudahan yang ditawarkan dan kemajuan dunia digital, malah membuat Anak-anak semakin mudah untuk menemukan konten yang seharusnya belum mereka lihat. Karena Anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, akhirnya mereka terjun bebas hingga melampaui batas dan akhirnya mereka terjerumus.

Sekarang anda tidak perlu khawatir jika anak anda ingin berselancar di Internet. Pasalnya saat ini sudah ada Mesin Pencari yang dirancang khusus untuk anak, search engine ini bernama KIDDLE. Kiddle mengakui bahwa pihaknya didukung oleh mesin pencari nomor wahid sejagad raya saat ini, Google, ada beberapa produk Kiddle yang menggunakan rancangan Google.


Mengenal Mesin Pencari Kiddle Serta Keunggulan dan Kekurangannya
Tampilan Mesin Pencari Kiddle

Walaupun demikian, Kiddle bukanlah produk yang dikebangkan oleh Google walaupun raksasa internet ini yang memberikan dukungan, dengan kata lain Kiddle berdiri sendiri. Kiddle sendiri memiliki tampilan yang lucu khas anak-anak, berbeda dengan search engine lainnya seperti Google, Yahoo, maupun Bing yang lebih mengedepakan kesederhanaan.


Anda dapat mengakses Kiddle dengan alamat:
www.kiddle.co

Tampilan Khas Anak-Anak

Font yang digunakan untuk merangkai kata "Kiddle" sangatlah khas, bentuk yang sederhana serta lekukan dan bentuk yang lucu akan membuat anak anak suka. Karena di dukung oleh Google, Kiddle juga menggunakan "Warna Font" khas mesin pencari buatan Larry Page dan Sergey Brin ini.
Backgroun Kiddle berlatarbelakang Ruang Angkasa dengan Robot imut didepan yang akan menyapa anak anda Tampilan ruang angkasa semakin nyata dengan terdapat banyak planet dan bintang yang dapat dilihat serta kawah-kawah khas planet juga disugukan.

Penyaringan Konten Yang Dicari

Yap, memang inilah tujuan utama pembuatan mesin pencari Kiddle, yaitu untuk menyaring hasil pencarian sehingga aman untuk anak. Anak-anak mungkin saja dapat mengetikkan kata kunci yang seharusnya tidak boleh mereka konsumsi, misalkan "Gambar Kekerasa", namun hasil pencarian yang akn mereka dapatkan adalah penjelasan apa itu kekerasan yang akan menambah pengetahuan mereka. Begitu juga jika mereka ingin melihat artis artis idola ataupun gosip tentang artis tersebut , hasil yang akan ditampilkan akan disaring dan hanya akan menampilkan biografi ataupun pengenalan tentang artis yang mereka cari.
"
Untuk ini, Kiddle menggunakan produk dari Google yang bernama "Google Safe Search". Setiap kata kunci yang diketikkan pada mesin pencari Kiddle akan disaring terlebih dahulu oleh Google Safe Search sebelum diampilkan untuk anak.

Orangtua juga dapat mengambil peran karena orangtua dapat memblokir kata kunci tambahan dengan cara mengirimkan Formulir dengan meminta untuk memblokir situs yang tidak seharusnya dilonsumsi oleh anak-anak.

Cara Menggunakan Kiddle

Sama seperi mesin pencari lainnya, anda/anak anda hanya perlu mengisikan kata kunci yang ingin dicari, kemudian tekan tombol "Search". Jika hasil pencarian sudah muncul, silahkan pilih apakah anda ingin membaca Artikel (Web), Gambar (Images), Berita (News) ataupun Video (Videos).

Keuggulan Mesin Pencari Kiddle

  • Tidak Berbahaya Untuk Anak
Yap, karena semua hasil pencarian dari Kiddle merupakan saringan dari editor dan fitur Google Safe Search, maka anak anda tidak akan mendapatkan hasil yang berbahaya.

  • Memblokir Konten Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Anak-Anak
Karena hasil pencarian disaring, maka konten yang tidak harus ditampilkan pun tidak akan ditampilkan. Konten yang saya maksudkan disini memiliki arti luas, seperti berita gosip, foto-foto yang tidak layak dilihat anak dan lain sebagainya.

  • Hasil Pencarian Gambar Khusus Untuk Anak-Anak
Hasil pencarian gambar yang akan ditampilkan kiddle 100% akan menjerumus ke hal-hal yang berbau anak-anak dan tidak akan menampilkan gambar yang tidak layak.

  • Orangtua Juga Dapat Berperan
Yap, orang tua dapat berpartisipasi untuk melindungi anak dari konten ataupun situs situs yang tidak layak untuk anak dengan mengirimkan langsung pada pihak Kiddle.

Kekurangan Mesin Pencari Kiddle


  • Hasil Pencarian Belum Maksimal
Karena masih tergolong baru, hasil pencarian yang ditampilkan Kiddle masih kurang relevan dan kurang maksimal. Jadi Kiddle harus terus memperbaikinya, karena itu adalah salah satu cara untuk menarik pengguna agar dapat bersaing dengan mesin pencari senion, Bing, Yahoo, Google dll.

  • Bahasa
Para pengguna Kiddle saat ini masih sangat terkendala pada bahasa. Mengingat para pencari adalah anak-anak dan tidak mengerti bahasa asing. Untuk itu, pengembangan dalam bahasa lain sangat perlu dilakukan.



Jadi apakah anda tertarik untuk mengenalkan mesin pencari ini untuk anak anda?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Mesin Pencari Kiddle Serta Keunggulan dan Kekurangannya

1 komentar:

  1. boleh juga ini dipasang di tablet atau hp anak anak biar lebih aman....
    http://cody.id/produk/lampu-service/

    ReplyDelete