Pusatnya Berbagai Tips dan Informasi Seputar Dunia Teknologi

Thursday 4 June 2015

Asem Manisnya Menjadi Seorang Blogger

Jika orang di tanya apa itu Blogger? mungkin yang terbenak adalah seseorang yang hanya menghabiskan hidupnya di depan komputer atau laptop untuk menulis artikel. Padahal seorang blogger tidak separah itu, seorang blogger jiga bisa menjalani rutinitas seperti orang pada umumnya dan sebagian waktu meraka manfaatkan untuk menulis artikel. Tapi mungkin ada blogger yang benar-benar seharian penuh di depan laptop seharian penuh untuk nge-blog, alasnnya pun beragam ada yang mengejar trafik, uang, ataupun memang dia seorang blogger maniak.

Menjadi seorang blogger tidaklah semudah yang orang-orang pikirkan, ada kalanya seorang blogger pernah panik, bingung bahkan nangis tetapi di samping itu semua ada pasti ada yang membuat seorang blogger senang. 


Asem Manisnya Menjadi Seorang Blogger

Asem pahitnya seorang blogger ini akan saya rangkum di dalam artikel ini yang memang adalah pengalaman saya selama menjadi blogger, apa saja? berikut rangkumannya.

Manis-manisnya menjadi blogger

1. Trafik Tinggi


Siapa blogger yang tidak senang ketika melihat trafik blog menjulang ke atas seperti gedung pencakar langit yang ada di Dubai? Tentu tidak akan ada, bahkan blogger yang sudah pro sekalipun. Terlebih jika yang memiliki trafik tinggi ini adalah seorang bloger pemula, seperti pengalaman saya ketika pertama kali mendapatkan trafik tinggi, saya share kemedia sosial, lompat-lompat nggak depan laptop dan efeknya setelah itu adalah saya sering melihat statistik blog. Mungkin itu juga yang anda rasakan saat pertama kali melihat trafik blog tinggi?


2. Pandai Menulis


Saya akui kalau saya memang tidak pandai mengarang suatu tulisan, entah itu surat, cerpen atau bahkan buku. tetapi semenjak saya masuk ke dunia blog ini, saya merasakan bahwa ada yang berubah dalam diri saya, saat saya mengarang suatu tulisan, saat ini saya tidak selalu bergantung kepada internet ataupun kepada teman. Menurutsaya, secetek-ceteknya kita dalam suatu bidang, tetapi jika terus diasah/dilatih setiap hari, pasti akan membuat kita menjadi semakin bisa atau bahkan ahli dibidangnya. Hal ini juga berlaku untuk seorang blogger yang memang rutinitasnya adalah menulis, secara tidak langsung kita juga mengasah kemampuan kita dalam hal menulis.


3. Tidak Gagap Teknologi


Untuk blogger yang masih sehari, dua hari memang belum bisa merasakan hal yang satu ini. Lha terus apa yang buat blogger tidak gagap teknologi? Sebenarnya hal ini kita lakukan sehari-hari saat kita melalang buana di dunia internet untuk mencari bahan yang akan dijadikan artikel, terlebih lagi jika blog tersebut berniche gadget ataupun teknologi. Pasti banyak hal yang kita baca dan tertanam didalam otak kita.


4. Dapat Penghasilan Sendiri


Apakah ada sudah besar? Apakah anda masih diberi uang oleh orangtua? Apa reaksi anda ketika bisa mendapatkan uang dari jerih payah sendiri? tentu akan sangat membanggakan. Banyak sekali saat ini blogger yang mendapatkan berjuta-juta hanya dari blog saja. Sebagisn besar mereka mendapatkannya dari iklan PPC (pay per click) yang dipasang pada blog. Penyedia iklan PPC ini aat ini sudah sangat banyak seperti, Chitika, Pop Ads, Pop Cash etc, tapi yang paling diminati adalah Google Adsene karena dolar yang didapat lebih besar setiap kliknya dibandingkan dengan penyedia iklan PPC lainnya.



5. Dapat Kenalan Baru


Mendapatkan kenalan dari dunia blog menurut saya memiliki kesenangan tersendiri, dimana kita memiliki hobi dan pemikiran yang tidak terlalu jauh beda. Dengan memiliki kenalan seorang blogger, saya bisa sharing, meminta pendapat ataupun belajar darinya.


Asem-asemnya Menjadi Blogger


Menjadi seorang blogger pasti tidak akan mendapatkan  rasa manis-manis saja, pasti juga ada rasa asemnya.


1. Trafik Turun Tak Berperikamanusiaan


Memiliki trafik yang sedikit tetapi stabil menurut saya bukanlah masalah besar, tapi bagaimana jika trafik yag sudah dibangun dengan kerja keras, tidak mengenal lelah dan waktu tiba-tiba anjlok seperti turunan jalan yang sangat curam? jika anda jatuh mungkin akan lagsung koma. Hal tersebut ngat lebih menyakitkan dibandingkan dengan sakit gigi. Tetapi penyebab utama turunnya trafik ini adalah kita sendiri seperti jarangnya promosi ataupun mengupate artikel lagi.


2. Terkena Google Sandbox


Ini bukanlah sebuah kotak pasir biasa, jika blog anda sudah masuk ke dalamnya mungkin yang akan terjadi pada anda adalah kejang-kejang ataupun tak sadar diri di tempat. Bagaimana tidak? hal yang akan terjadi pada blog anda seteah masuk kotak pasirnya ini adalah menghilangnya blog anda dari mesin pencari. Untuk blogger yang pernah mengalaminya hal ini adalah masa-masa yang sangat sulit, dimana hidup matinya blog ada di tangannya.


3. Jenuh


Ada saat-saatnya menjadi blogger adalah merasakan apa itu namanya jenuh. Jenuh ini bisa disebabkan karena dalam waktu yang lama kita hanya melihat tampilan yag sama atau karena meman tika memiliki mood untuk nge-blog. Biasanya kebanyakan blogger mengatasi rasa jenuh ini dengan main game, mendengarkan musik, atau mencari hiburan lain sampai rasa jenuh hilang.


4. Hidup Seperti Kelelawar


Mengejar target biasanya menjadi alasan utama seorang blogger begadang larut malam, dan akan berlanjut pada malam berikitnya sampai target yang dinginkan tercapai. Tidur yang larut malam ini bisa membuat keesokan harinya tidak ada semagat, hal ini akan sangat berbahaya untuk blogger yang masih berstatus pelajar. Untuk itu, blogging sampai larut malam ini sangat menjengkelkan, tetapi mau bagaimana lagi kalau itu sudah menjadi tuntutan.


Baca juga :


~ Kesalahan Seorang Blogger Pemula Yang Harus Dihindari

~ 4 Tips Ampuh Memuat Artikel Yang Disukai Mesin Pencari
~ Lakukan 5 Hal ini Sebelum Anda Mencari Pengunjung Blog


Dengan niat dan kesungguhan serta komitmen, asem-manisnya menjadi seorang blogger ini sebenarnya bisa kita perkecil akibatnya. Untuk itu, jangan membuat blog menjadi sebuah beban. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Asem Manisnya Menjadi Seorang Blogger

1 komentar:

  1. Are you looking to earn money from your websites/blogs with popup ads?
    In case you are, have you considered using PopAds?

    ReplyDelete