Pusatnya Berbagai Tips dan Informasi Seputar Dunia Teknologi

Saturday 30 May 2015

4 Tips Ampuh Membuat Artikel Yang Disukai Oleh Mesin Pencari

Membuat sebuah artikel yang berkualitas memang susah-susah gampang. Bagi para blogger yang sudah lama, tentu hal ini bukanlah masalah yang besar, tapi bagaimana untuk seorang blogger yang baru saja membuat blog? tentu mereka akan kesulitan. Artikel yang berkualitas ini sangatlah penting, disamping artikel berkualitas dapat membuat pengunjung betah berlama-lama di blog sobat hanya untuk membaca artikel, artikel yang memiliki kualitas juga sangat disukai oleh mesin pencari. 
mesin pencari akan lebih mudah mengindex artikel yang soat buat hanya beberapa hari saja sudah menduduki di top 5 halaman mesin pencari. Bahkan ada beberapa kasus hanya beberapa jam saja sudah terindex.


4 Tips Ampuh Membuat Artikel Yang Disukai Oleh Mesin Pencari


Dari tulisan pada paragraf pertama seharusnya sbat sudah menyadari betapa pentingnya artikel yang memiliki kualitas, saya sediri pada awal-awal menekuni dunia blog  ini tidak terlalu memperhatikan tulisan saya. Yang saya lakukan hanyalan menulis, menulis dan mempublikasikannya saya tidak memikirkan apakan pengunjung nanti akan menyukainya atau sebaliknya. Hal ini tentu berefek buruk untuk trafik blog yang saya kelola ini, pengunjung yang hanya beberapa biji perhari sudah menjadi makanan saya sehari-hari, selain itu, alexa rank saya pun sangat susah naik.

Hal tersebut sudah lebih dari membuktikan bahwa artikel adalah faktor untuk berlangsungnya ebuah blog. Aangkah senangnya jika pengunjung per hari yang datang melimpah, alexa rank ramping dan blog kita menjadi terkenal. Hal tersebut bisa didapatkan dengan sangat mudah jika blog yang sobat miliki memiliki artikel yang memiliki nilai tinggi.

Selain artikel yang memiliki kualitas di sukai oleh mesin pencari, masih ada beberapa artikel yang bisa membuat mesin pencari klepek-klepek, diantaranya.

1. Original Atau Hasil Pemikiran Sendiri

Satu kata untuk permulaan " apapun jika itu adalah hasil pemikiran kita sendiri, pasti hal tersebut akan jauh lebih bermanfaat " saya mendapatkan kata-kata tersebut dari seorang blogger yang juga masih berusaha menghilangkan kebiasaan buruknya, tentu saja copy-paste. Siapa si yang tidak pernah copy-paste di dunia ini, mungkin lebih dari 90%  orang di dunia pernah melakukannya. Kegiatn yang bisa dikatakan mencuri ini sangat-sangat tidak baik. bahkan kegiatan copy-paste ini memiliki efek samping yang sangat luar biasa. Yaitu dihapusnya blog sobat oleh pihak Google. Nah loh. parahkan untuk itu saya sarankan agar cepat-cepat meninggalkan kegiata yang tidak memiliki banyak manfaat itu, manfaat yang kita rasakan hanyalah beberapa saat saja, setelah itu adalah tinggal menunggu efek buruk dari copy paste ini.

Kenapa Google, Bing, Yahoo dan mesin pencari lainnya tidak menyukai artikel yang hanya mengambil tulisan dari orang lain ini? Jawabannya tidak lain dan tidak bukan. yang pertama, karena hal tersebut adalah sebuah tindakan yang sangat tidak terpuji dan yang kedua adalah artikel yang sobat dapatkan dari hasil copy-paste ini tidak akan terindex oleh mesin pencari. Di ibaratkan sebuah pasar dan disitu ada seorang pedagang yang menjual barang bagus sudah cukup lama berjualan di situ,dan sudah memiliki kepercayaan dari pengunung pasar, terus tiba-tipa sobat datang dengan menjual barang yang sama. apakah sobat akan mudah mendapatkan kepercayaan pengunjung pasar? apakah barang yang sobat akan terjual habis dengan cepat? tentu saja jawabannya Tidak. Begitu juga mesin pencari, tentu dia tidak akan menampilkan sebuah artikel yang sama persis pada satu halaman, pasti salah satu blog yang di tampilkaan akan mendapatkan posisi jauh dibelekan. Dan sangat sudah di pastikan blog yang dibelakang tersebut adalah blog yang menyamai artikel yang sudah menempati tempat pertama.

Untuk dari itu sanya mengajak sobat blogger semua, khususnya saya sendiri untuk meninggalkan kegiatan yang bisa merugikan orang lain tersebut dan secara tidak langsung juga merugikan diri kita sendiri.

2. 1000 Kata Di Dalam 1 Artikel

Mungkin ada yang langsung pingsan melihat angka 1000 di atas :D. Asalkan sobat tahu menulis itu menyenangkan, dengan menulis beban-beban yang ada itu bisa langsung telupakan. Angka 1000 kata itu tidaklah terlalu banyak. Bahkan ada seorang blogger professional ada yang menyarankan agar setiap 1 artikel itu memiliki 2500 kata, ini jauh lebih banyak bukan. Terus bagusan mana astikel yang memiliki 1000 kata dengan 2500 kata? Tentulah lebih bagus artikel yang memiliki 2500 kata. Kenapa demikian? seperti yang saya utarakan sebelumnya, didalam mesin pencari itu sudah sangat banyak terdapat kata, kalimat bahkan paragraf. tidak sedikit pula terdapat sebuah kata kata ataupun paragraf yang tidak sengaja sama pesis. Tentu hal ini akan membuat mesin pencari kesulitan mengindex artikel sobat, karena sudah terdapat kata, kalimat ataupun paragraf yang sama.

Maka dari itu semakin banyak kata yang kita tuliskan di dalam 1 artikel, semakin banyak juga kesempatan kita untuk mencuri hati mesin pencari agar menempatkan artikl kita pada posisi teratas. Tap kenapa saya hanya menyarankaan 1000 kata? tentu saya memiliki alasan. 2500 kata itu sangatlah banyak, banyak banget malah. menurut saya hal tersebut hanya akan membuat sobat lelah hanya menulis satu artikel saja. tidak hanya itu, 1000 kata dalam 1 artikel menurut saya sudah cukup untuk meyakinkan mesin pencari. Tetapi jika sobat ingin lebih dari 1000 kata ataupun 10000 kata hal tersebut akan semakin baik.

3. Buatlah Artikel Yang Banyak Dicari

Damm.. ini adalah hal yang sangat sangat penting, semakin banyak orang mencari artikel seperti yang sobat tulis, semakin banyak pula pengunjung yang akan datang ke blog sobat. Tentu hal ini tidaklah mudah, diluar sana juga banyak blogge-blogge yang sedang membuat artikel yang sedang booming seperti sobat. tetapi dengan berpatok pada 2 poin di atas saya sangat yakin jika artikel yang sobat buat bisa betengger pada halaman pertama, bahakan di pososo pertama.

Cara menentukan artikel yang banyak dicari inipun sangatlah mudah, sobat bisa melihatnya di dunia nyata, apapun yang sdang populer di dunia nyata, pasti juga akan populer di dunia maya. Selain itu sobat juga bisa melihatnya pada Google Trends sebagai refrensi.

4. Lakukanlah Dengan Hati

Percuma sobat menulis artikel yang di dalamnya terdapat 1000000 kata, jika artikel di dalamnya terkesan dipaksakan. ingat sobat, apapun yang dilakukan dengan hati pasti akan menghasilkan yang terbaik. Jangan membuat artikel dengan terburu-buru atau hanya untuk mengejar sebuah target. Belum tentu target sobat juga akan tercapai, justru mungkin akan lebih parah, karena pengunjung  tidak akan menyukai artikel yang sobat buat dan akan berpaling ke blog yang lainnya. untuk itu, lakukanlah perlahan-lahan, nikmati sensasinya dan petik hasilnya. Itu adalah cara terbaik menjadi seorang blogger.


Itulah 4 tips yang sangat ampuh untuk membuat artikel yang soat buat agar disukai oleh mesin pencari. Pahamilah kata-kata saya satu-persatu, dan praktekkan. Saya yakin, semua blogger pasti bisa melakukannya. Lihatlah efeknya pada trafik blog sobat dipastikan akan meningkat dan tenunya ini juga akan berimbas pada terkenalnya blog yang sobat miliki

Janan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman sobat di Facebook, Twitter ataupun Google+ jika menurut sobat artikel ini bermanfaat untuk mereka. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 4 Tips Ampuh Membuat Artikel Yang Disukai Oleh Mesin Pencari

0 komentar:

Post a Comment